Paparan Infra Merah dapat Memicu Katarak

Written By widnyana made on Wednesday, December 10, 2014 | 1:48 AM



Beberapa minggu lalu seorang senior fisioterapis alumni poltekes Solo menyebutkan pada saya bahwa Infra merah dapat menyebabkan katarak pada mata. 
Setengah tidak percaya, saya berusaha mencari evidance based nya. Berangkat dengan rasa penasaran saya browsing dan menemukan beberapa artikel terkait. Beberapa artikel berbahasa indonesia memang menyebutkan bahwa paparan infra merah dapat menyebabkan katarak. 
Namun patofisiologisnya tidak dijelaskan secara gamblang. 
Kemudian mencoba mencari artikel berbahasa iggris, akhirnya ada yang membaha dengan cukup jelas. Teori yang berkembang antara kaitan infra red dengan katarak masih diperdebatkan namun secara garis besar saya menangkap bahwa katarak tidak disebabkan secara langsung oleh absorpsi sinar infra merah oleh lensa mata. Tetapi peningkatan temperatur secara tidak langsung menyebabkan terjadinya denaturasi protein lensa mata. 

Denaturasi protein merupakan suatu proses dimana terjadi perubahan atau modifikasi terhadap konformasi protein. Hal inilah yang memicu terjadinya katarak. 

Mendapat informasi itu saya jg belum puas terkait IR jenis apa saja yang memicu katarak. Nah disini saya dapat sebuah artikel yang akurat, yang saya upload tabelnya saja. 


Dari tabet tersebut didapatkan bahwa semua jenis IR dapat memicu terjadinya masalah pada mata, yang dapat memicu terjadinya katarak. 

Nah untuk lebih jelasnya kalian dapat membaca artikel di link ini: 

Ini 

Selamat membaca, semoga memberi tambahan wawasan. 

1 comments:

Post a Comment